Ads (728x90)


postviews postviews postviews

Dilihat kali

 

Polres Bintan  melakukan patroli dan membrantas Aksi Balap Liar di wilayah hukumnya (F/Ist)

 

               

BINTAN, Realitasnews.com – Polres Bintan tetap Komitmen dalam memberantas Aksi Balap Liar diwilayah hukumnya, dan terus dilakukan patroli gabungan dengan Polsek jajaran.

Dalam setiap kegiatan Jumat Curhat, selalu ada keluhan dari masyarakat yang menyampaikan kepada Polri bahwa sering Balap Liar dilakukan oleh sejumlah kelompok ditempat-tempat tertentu diwilayah hukum Polsek masing-masing. Kapolsek Bintan Utara dengan para tokoh masyarakat juga menyampaikan perihal balap liar, sehingga Polres Bintan dan Polsek jajaran mengintensifkan pencegahan.

Tadi malam personel gabungan mengamankan 4 unit sepeda motor dan 8 orang yang sedang melakukan balap liar di jalan Raya Busung kecamatan Seri Kuala Lobam, dan lebih mirisnya lagi dari ke 8 remaja tersebut 3 orang masih pelajar.

Kapolres Bintan AKBP Riky Iswoyo, S.I.K.,M.M melalui Kapolsek Bintan Utara AKP Monang P Silalahi, S.H mengatakan bahwa, personel gabungan telah mengamankan sekelompok remaja yang sedang melakukan aksi balap liar.

“Iya benar, tadi malam kami amankan 4 unit sepeda motor dengan 8 orang remaja yang sedang melakukan balap liar di daerah jalan raya Busung pada dini hari tadi,” kata Kapolsek Bintan Utara, Minggu (7/7/2024).

AKP Monang P Silalahi, S.H juga mengatakan bahwa adanya aksi balap liar tersebut diketahui dari masyarakat yang melaporkan kepadanya.

“Kami mengetahui adanya balap liar tersebut dari masyarakat yang melaporkan, selanjutkan kami menyusun strategi untuk mengamankan pelaku balap liar tersebut dengan menekan kecelakaan yang sekecil-kecilnya,” ungkap AKP Monang.

Ia menjelaskan, pembubaran dan penangkapan aksi balap liar tersebut dilaksanakan personel Polres Bintan Polsek Bintan Utara datang dari 2 arah jalan yang berbeda, untuk persoenel Polres Bintan datang dari arah Tanjung Pinang, sedangkan personel Polsek Bintan Utara datang dari arah Tanjung Uban.

“Begitu melihat personel datang dengan kendaraan dinas pelaku berusaha melarikan diri, dan kami hanya mengamankan sebagian saja dan tidak melakukan pengejaran terhadap yang melarikan diri untuk menghindari kecelakaan,” ujar Kapolsek.

Setelah diamankan, kendaraan dan pengemudi, lalu dibawa ke Polsek Bintan Utara dan selanjutnya dibawa ke Satlantas untuk diamankan dan dilakukan penilangan.

Setelah dilakukan pendataan di Polsek Bintan Utara, seluruh kendaraan yang tidak dilengkapi dengan Surat-surat kendaraan seperti STNK dan Pajak kendaraan, bahwa dari yang diamankan terdapat 3 orang pelajar.

“Setelah kami data, dari 8 orang tersebut 3 orang masih pelajar,” kata AKP Monang P Silalahi menjelaskan.

Kapolsek Bintan Utara menjelaskan bahwa saat ini anak-anak sekolah sedang liburan, kami mengingatkan kepada orang tua maupun wali anak agar melakukan pengawasan terhadap anaknya, sehingga tidak ikut dalam aksi Balap liar.

“Khusus anak yang masih sekolah kami akan beritahukan Sekolahnya masing-masing sebagai bahan penilaian bagi Guru dan Kepala Sekolah tentang perilaku anak didiknya diluar Sekolah,” ungkap Kapolsek.

“Balap liar salah satu penyumbang angka kecelakaan lalu lintas di wilayah Bintan hingga merenggut nyawa dan sangat mengganggu ketentraman masyarakat sekitar dan pengguna jalan lainnya,” tutup AKP Monang P Silalahi, S.H.

Ditempat terpisah Kasat Lantas Polres Bintan AKP Khfandi mengatakan bahwa untuk kendaraan yang kedapatan melakukan aksi balap liar akan dilakukan penilangan.

“Sepeda Motor yang kedapatan melakukan aksi Balap liar akan kami tilang, kemudian Sepeda Motornya kami amankan selama 21 hari sampai 30 hari,” kata Kasat Lantas.

Ia menyebutkan, sepeda Motor dikeluarkan setelah dilengkapi dan dilakukan pembayaran Tilang di Bank, sedangkan Sepeda Motor tetap kami amankan hingga batas waktu maksimal yaitu 30 hari”, terang,”, kasat lantas.

“Untuk pembayaran sesuai dengan aturan, dan  denda maksimal hingga 2.500.000.-(dua juta lima ratus ribu rupiah),” tutup AKP Khafandi.(red)

Posting Komentar

Disqus